Search

Yang Tersembunyi Tapi Cantik di Bulukumba - Detikcom

detikTravel Community - Bulukumba jadi spot keren yang sayang untuk dilewatkan di Sulawesi Selatan. Di sana, ada Tebing Apparalang yang cantik tapi cukup tersembunyi.

Perjalanan saya dan suami ke Sulawesi Selatan bukan hanya karena ingin menikmati Pantai Bira yang indah, tapi karena kami ingin menapaki silsilah keluarga suami yang baru berhasil ditemuinya setelah puluhan tahun berlalu.

Berawal dari postingan teman suami saya di Facebook tentang pantai Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan yang indah, kami pun tertarik untuk mengunjungi kampung halaman ayah mertua saya tersebut. Ayah kami memang jarang bercerita tentang kampung halamannya, apalagi mengajak anak-anaknya untuk berkunjung pun belum pernah. Sejak muda beliau memang sudah pindah dan menetap di Jakarta.

Berbekal informasi dari beberapa website dan sumber, akhirnya Februari 2017 kami berkunjung kesana. Karena letak Bulukumba yang cukup jauh, sekitar 5- 6 jam perjalanan darat dengan menggunakan mobil dari kota Makassar,maka saya memutuskan untuk ambil penerbangan tengah malam dari Jakarta agar sampai di Makassar subuh dan bisa langsung lanjut ke Bulukumba.

Cukup melelahkan juga memang, 4 jam penerbangan lalu 6 jam perjalanan darat, melalui beberapa kabupaten seperti Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng. Tapi lelah tersebut terbayarkan ketika kami berhasil sampai di Bulukumba yang tadinya dalam bayangan saya adalah terpencil, tapi nyatanya tidak. Jalan-jalannya beraspal sangat mulus, cukup bersih, rapih dan teratur, merupakan kota kecil yang tidak terlalu ramai. Masjid rayanya pun besar dan cantik.

Selama ini yang kita tahu Sulawesi Selatan identik dengan kota Makassar dan pantai Losari.tapi ternyata Sulawesi Selatan bukan hanya tentang itu. Banyak juga pantai-pantai tersembunyi yang indah disana. Pantai-pantai di Bulukumba contohnya.

Kami berhasil menemukan alamat salah satu kerabat ayah. Dan dengan sekejab beberapa saudara dan kerabat pun berkumpul. Rumah mereka memang berdekatan satu dengan lainnya, bisa dikatakan seperti dalam satu komplek bahkan di jalan yang sama,sehingga begitu satu orang menginformasikan saudara dari Jakarta datang maka semua anggota keluarga berkumpul dengan segera.

Tidak hanya bercerita dan melepas rindu, kami juga disuguhkan makanan khas mereka seperti pallumara (ikan), pallubasa (jeroan sapi/kerbau), pisang goreng, dan aneka masakan ikan lainnya. Maklumlah desa ini dekat dengan pantai, jadi mudah sekali mendapatkan ikan segar.

Malam hari kami menginap di salah satu resort ditepi pantai Bira.
Resortnya indah, kamar kami betul betul di tepi tebing yang menjorok ke laut. Keesokan paginya kami bisa menikmati pemandangan air laut yang bening dan terlihat biru, teduh dan indah dari beranda kamar.

Bulukumba tak hanya tentang Bira, ada satu pantai dengan tebing cantik yang tersembunyi dan masih sepi dengan pengunjung. Apparalang namanya. Untuk mencapai tempat ini, mobil kami harus melewati jalanan yang tidak beraspal, menanjak, dan beberapa jalan masih berbatu kapur.

Beberapa kali kami juga melewati jalan sempit yang hanya dilewati satu mobil saja. Kiri kanan pun hutan. Tapi semua rintangan tersebut terbayarkan begitu kami sampai di Apparalang dan melihat betapa indahnya pantai dengan tebing yang cantik ini.

Kami mengambil foto dari atas tebing, pemandangannya betul-betul menyegarkan mata. Hanya beberapa warung kecil yang ada di dalam lokasi Apparalang. Tempat ini memang belum terlalu ramai dikunjungi. Mungkin karena aksesnya yang masih sulit.

Kami juga mengunjungi desa Bonto Bahari, Bulukumba, yang merupakan pusat tempat pembuatan perahu pinisi.

Selain Bulukumba, daerah yang patut dikunjungi di Sulawesi Selatan adalah Maros. Maros dapat ditempuh sekitar 2 jam dari Kota Makassar.
Salah satu objek wisata di kabupaten Maros adalah Rammang Rammang. Rammang Rammang adalah lembah dengan gugusan pegunungan karst dimana ditengahnya terdapat sungai yang mengalir.

Kami menaiki perahu yang disewakan. Setelah beberapa menit mengendarai perahu, kami tiba diperkampungan dimana hamparan sawah membentang luas. Hijaunya sawah benar-benar menyejukkan mata.

Jangan ketinggalan untuk mengunjungi taman wisata prasejarah Leang Leang yang terletak di dalam wilayah taman nasional Bantimurung. Taman wisata ini merupakan kawasan pegunungan karst yang sudah berumur ribuan tahun. Nikmati suasananya, ambil foto foto cantik di sana. Termasuk disela goa goa prasejarah.

Sulawesi Selatan bukan hanya Makassar. Jelajahi wilayah lain, maka akan kita temukan pantai Bira yang cantik, hamparan sawah dan pegunungan karst di Rammang Rammang dan Leang Leang, di kabupaten Maros. Dan masih banyak lagi tempat tempat indah lainnya, termasuk Tana Toraja.

Selain keindahan alam, Sulawesi Selatan juga terkenal kaya dengan beragam wisata kuliner. Sebut saja: Coto Makassar, Konro, Pallubasa, Pallumara, Mie Titi, dan aneka kue seperti jalangkote, barongko, pisang epe, putu cangkiri, lalu es palu butung, dan masih banyak lagi lainnya. Bersiaplah tambah berat badan sepulang dari sana.

Yuk berkunjung ke Sulawesi Selatan!

Let's block ads! (Why?)

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Yang Tersembunyi Tapi Cantik di Bulukumba - Detikcom"