Search

Hubble Abadikan Citra Cantik Tabrakan Antar Galaksi - Suara.com

Suara.com - Sekelompok astronom telah merilis hasil pengamatan terhadap sebuah galaksi NGC 4485 yang saat ini sedang ditabrak oleh galaksi tetangganya yang lebih besar, yaitu galaksi NGC 4490.

Berkat bantuan Teleskop Antariksa Hubble, para astronom dapat melihat tabrakan tersebut dalam sebuah citra yang cantik. Citra tersebut dipotret dengan instrumen Wide Field Camera 3 (WFC3) milik Hubble.

Galaksi NGC 4485 awalnya merupakan sebuah galaksi spiral, namun setelah bertabrakan dengan NGC 4490, kedua galaksi yang sedang bergabung ini pun diklarifikasikan sebagai galaksi tak beraturan atau irregular galaxy.

Berada pada jarak sekitar 30 juta tahun cahaya di arah rasi bintang Canes Venatici, kedua galaksi ini sekarang dikenal secara kolektif sebagai Arp 269.

Ilustrasi astronomi. (Shutterstocks)
Ilustrasi astronomi. (Shutterstocks)

Dalam citra yang dirilis, tabrakan galaksi tersebut juga menghasilkan nebula-nebula yang berwarna merah muda. Dilansir dari Sci-News, tarik menarik antargalaksi ini juga telah membentuk sebuah aliran material sepanjang 25.000 tahun cahaya yang menghubungkan kedua galaksi.

Uniknya, menurut para astronom kedua galaksi ini tidak bergabung menjadi satu. Setelah adanya tabrakan, keduanya secara perlahan bergerak menjauh satu sama lain dan meninggalkan kerusakan di antara keduanya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/tekno/2019/05/20/190000/hubble-abadikan-citra-cantik-tabrakan-antar-galaksi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hubble Abadikan Citra Cantik Tabrakan Antar Galaksi - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.