Search

Selain Bikin Cantik, Ini 8 Manfaat Lain Menaruh Tanaman di Dalam Rumah - IDN Times

Sudah tahu? Rupanya ada banyak manfaat lho yang kamu dapatkan saat menaruh beragam tanaman di dalam rumah. Bila umumnya tujuan kamu meletakkan indoor plants hanya sebagai pemanis estetika ruangan, tanpa kamu sadari kamu telah mendapat banyak keuntungan dari kegiatan tersebut.

Wah, apa saja nih benefits dari hobi menaruh tanaman di dalam rumah? Simak yuk uraian berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membersihkan udara di dalam ruangan secara alami

Selain Bikin Cantik, Ini 8 Manfaat Lain Menaruh Tanaman di Dalam Rumahpexels.com/Abie ZeroSix

Ketika ada banyak tanaman yang kamu letakkan di dalam ruangan, mereka secara rutin akan melembabkan udara melalui proses transpirasi. Tanaman-tanaman tersebut akan melepaskan uap air saat pori-pori bawah daun menghangat. Dengan udara yang terjaga kelembabannya, otomatis udara di dalam rumahmu akan selalu bersih.

2. Melindungi tubuh dari gejala alergi saluran pernapasan

Selain Bikin Cantik, Ini 8 Manfaat Lain Menaruh Tanaman di Dalam Rumahgreenandvibrant.com

Memelihara tanaman di dalam rumah sangat direkomendasikan bagi kamu yang punya masalah dengan kesehatan pernapasanmu. Ketika tanaman mampu membersihkan dan melembabkan udara di dalam ruangan setiap hari, maka kamu akan terlindungi dari berbagai gejala alergi saluran pernapasan, seperti asma, flu, dan batuk.

Jenis tanaman spider plants juga berkhasiat menyerap debu, lho. Daunnya yang tipis dan runcing mampu mengurangi racun di dalam ruangan dalam kurun waktu dua hari. Hmm, pastinya saluran pernapasanmu bakal makin bersih dan sehat.

3. Memberi efek sejuk dan segar untuk mata

Selain Bikin Cantik, Ini 8 Manfaat Lain Menaruh Tanaman di Dalam Rumahtheurbanlist.com

Setelah screening time berjam-jam, saatnya bagi kedua matamu untuk mendapatkan relaksasi. Tanpa perlu keluar rumah, mata kamu akan disejukkan dengan bermacam tanaman yang ada di dalam ruangan. Kedua matamu bakal menjadi lebih rileks dan segar setelah menatapnya. Untuk tanaman jenis photos bahkan dipercaya berkhasiat mencegah penyakit katarak dan glukoma.

4. Membantu mengurangi stres dan menciptakan perasaan bahagia

Selain Bikin Cantik, Ini 8 Manfaat Lain Menaruh Tanaman di Dalam Rumahpexels.com/Daria Shevtsova

Percaya gak, kalau berdekatan dengan alam bisa bikin kamu merasa lebih rileks dan bahagia? Gak heran bila banyak orang berwisata ke alam karena ingin melepas lelah dan stres setelah berjibaku di kantor berjam-jam lamanya.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

Nah, kalau kamu gak sempat melancong ke wisata alam tiap saat, coba saja menciptakan interior rumah kamu seperti berada di alam. Kamu bisa mendekorasi ruangan favoritmu, bahkan ruang kerja di kantormu, dengan beberapa jenis tanaman hijau yang segar. Ketika ada banyak tanaman di sekitar kamu, dijamin tingkat stresmu bakal makin menurun, kamu pun akan lebih merasa rileks dan bahagia. Otomatis kamu bakal lebih produktif dalam beraktivitas.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Ini Mudah Dirawat di Halaman Rumah, Coba Pelihara Deh!

5. Mengurangi kebisingan di dalam ruangan

Selain Bikin Cantik, Ini 8 Manfaat Lain Menaruh Tanaman di Dalam Rumahpexels.com/Skitterphoto

Dilansir dari laman Ambius, menaruh tanaman di dalam rumah ternyata memiliki manfaat dalam menyerap frekuensi tinggi, lho. Menurut studi yang dilakukannya, dedaunan mampu menyerap, mendifraksi, atau memantulkan kebisingan, sehingga menjadikan lingkungan lebih nyaman bagi penghuninya.

6. Meningkatkan konsentrasi dan fungsi kognitif

Selain Bikin Cantik, Ini 8 Manfaat Lain Menaruh Tanaman di Dalam Rumahpexels.com/Tranmautritam

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Royal College of Agliculture menyatakan bahwa tingkat konsentrasi mahasiswa meningkat tajam hingga 70% ketika ada tanaman di ruang kelas mereka. Hal ini juga mempengaruhi daya mengingat dan fungsi kognitif mereka.

7. Mempercepat pemulihan di kala sakit

Selain Bikin Cantik, Ini 8 Manfaat Lain Menaruh Tanaman di Dalam Rumahhospitalflorist.wordpress.com

Karena mampu mengurangi tingkat stres dan bisa memunculkan perasaan bahagia, indoor plants dipercaya bisa membantu mempercepat masa pemulihan saat kamu sakit. Penelitian menunjukkan pasien di rumah sakit lebih sedikit mengkonsumsi obat pereda nyeri dan lebih cepat mengatasi stres saat kamarnya diletakkan beberapa tanaman.

8. Memberi asupan energi dan semangat

Selain Bikin Cantik, Ini 8 Manfaat Lain Menaruh Tanaman di Dalam Rumahinstagram.com/qachlifestylegarden

Kabarnya, tanaman jenis bambu-bambuan sangat efektif memberikan rasa semangat bagi penghuninya ketika diletakkan di dalam ruangan. Selain itu, jenis tanaman berdaun merah seperti red aglaonema juga dikenal bisa meningkatkan energi dan nafsu makan seseorang. Kamu bebas meletakkan tanaman-tanaman tersebut di sudut kamar, dapur, bahkan kamar mandi.

Dengan segudang manfaat menaruh tanaman di dalam rumah, kamu bisa mulai berbenah nih untuk menata ulang dekorasi ruangan di rumah kamu agar lebih segar dengan aneka jenis tanaman. Pastikan selalu merawat tanaman-tanaman tersebut, ya. Agar khasiat yang kamu rasakan lebih maksimal.

Baca Juga: 7 Tanaman Tersehat dalam Kamar, Selain Indah Bisa Buat Tidurmu Nyenyak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Let's block ads! (Why?)

https://www.idntimes.com/life/inspiration/intan-deviana-safitri/selain-bikin-cantik-ini-8-manfaat-lain-menaruh-tanaman-di-dalam-rumah-c1c2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Selain Bikin Cantik, Ini 8 Manfaat Lain Menaruh Tanaman di Dalam Rumah - IDN Times"

Post a Comment

Powered by Blogger.