Search

Hikayat Bumiayu Saat Raja Mengejar Gadis Cantik yang Menghilang - Liputan6.com

Raja kelelahan dan beristirahat. Napasnya diambil dalam-dalam dan berulang sambil memegang kedua lutut kaki. Dan disinipun beliau bersumpah, "Kelak anak cucuku tinggal di tempat ini, maka tempat ini saya kasih nama Laren (liren atau istirahat). Setelah istirahat beberapa saat raja mengejar kembali gadis cantik.

Dari kejauhan terlihat sang gadis sudah menyeberangi sungai dan terlihat samar-samar. Disinipun raja kembali bersumpah.

"Kelak suatu saat anak cucu saya mendiami tempat ini maka tempat ini saya beri nama Sawangan" (sawang-sawang atau samar-samar).

Raja terus membuntuti langkah gadis, hingga dia menyadari kalau sang gadis berusaha bersembunyi di tempat raja.

Dengan langkah pasti, raja pun tersenyum-senyum, rupanya buruannya terjebak dalam kerajaannya. Satu persatu raja memeriksa ruangan kerajaan dan terlihatlah jejak kaki basah di lantai kerajaan. Dan ternyata jejak kaki tersebut mengarah ke kamar raja.

Raja menyapa si gadis tersebut, "wahai wanita yang cantik, selamat datang di kerajaanku". Sang gadis baru sadar kalau tempat persembunyiannya adalah tempat orang yang mengejarnya.

Gadis pun menjawabnya dengan ketus. "Tolong siapapun kisanak!, jangan sentuh aku!", raja membalasnya, "Jangan takut wanita cantik, aku adalah raja," ujar raja berusaha merayu. "Aku tidak peduli siapa kisanak, anda raja atau bukan. tolong jangan sentuh aku, kalau kisanak menyentuhku, aku akan masuk ke dalam bumi ini".

Saat itu sang gadis tidak paham dengan tahta sebagai raja, tapi ia tidak silau dengan harta. Terlebih raja dengan rupa yang ganteng, berkumis tebal. Gadis cantik itu tetap kukuh dengan pendiriannya. Mendengar ancaman sang gadis, raja tidak peduli, beliau menutup pintu kamar dan berusaha meraihnya.

Sebelum raja melangkah ke arahnya, dia menjejakkan kakinya ke lantai dan saat itu juga gadis cantik lenyap di telan bumi. Raja terkaget dan tidak percaya apa yang terjadi di hadapannya, beliaupun berteriak histeris sambil menyebut "Bumi.ayu..Bumi... ayu..." Dan lahirlah nama daerah BumiAyu

(Devi Yunita Parede)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Kecelakaan kembali terjadi di Flyover Kretek, Jalur selatan Bumiayu, Brebes, penguhubng Purwokerto-Yogyakarta. Kali ini truk tronton menabrak 10 sepeda motor dan 5 mobil.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/regional/read/3803643/hikayat-bumiayu-saat-raja-mengejar-gadis-cantik-yang-menghilang

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hikayat Bumiayu Saat Raja Mengejar Gadis Cantik yang Menghilang - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.