Search

Lipstik, amunisi favorit untuk jadi cantik - BeritagarID

Ilustrasi perempuan dan koleksi lipstiknya.

Ilustrasi perempuan dan koleksi lipstiknya. | Pond's Memories /Shutterstock

Lipstik adalah kosmetik favorit para perempuan di dunia, termasuk Indonesia.

Sejak wujudnya masih berupa cat bibir sekitar 5000 SM di wilayah Sumeria, kemudian Guerlain pertama kali memperkenalkan lipstik komersial dalam bentuk lip pomade pada 1828, hingga kini begitu banyak produk lipstik buatan dalam negeri.

Lipstik jugalah yang membuat Kylie Jenner jadi miliuner self-made termuda dunia. Forbes memperkirakan perusahaan Kylie Cosmetics punya nilai total setidaknya $900 juta. Belum lagi pundi-pundinya yang mencapai $1 miliar.

Popularitas lipstik memang layak diakui. Pada masa resesi 2001, Leonard Lauder, mantan bos Estée Lauder menggagas "Indeks lipstik". Teorinya mengklaim, penjualan lipstik justru sering kali melonjak pada masa-masa keuangan sulit.

Lipstik adalah sebuah kemewahan yang relatif terjangkau. Dengan Rp199 ribu saja, tiga warna lipstik kolaborasi jenama kosmetik dan Youtuber kondang bisa menambah koleksi di meja rias.

Tak mengherankan, berdasarkan kolaborasi dengan selebritas, produk kecantikan yang paling disuka masyarakat Indonesia adalah lipstik.

Youtuber kecantikan Rachel Goddard pun sependapat. "Make up item favorit gue tuh lipstik sama highlighter," katanya kepada Beritagar.id, Jumat (29/3). Rachel juga berkolaborasi dengan jenama Luxcrime, merilis lisptik liquid The Ash.

Kata Rachel, saking banyaknya lipstik yang dimiliki ia tak tahu berapa jumlahnya. Kira-kira 25 persen ia beli sendiri, sementara 75 persen lain didapatnya dari jenama kosmetik yang mengirimkan produk untuk dicobanya.

Kecintaan Rachel dan kebanyakan orang akan lipstik sebagai kosmetik bisa dipahami dengan mudah. Pasalnya, lipstik adalah kosmetik ramah guna. Tak butuh keahlian khusus untuk menggunakannya.

Lain soal dengan bedak, foundation, atau eyeshadow. Salah pilih warna atau teknik pengaplikasian, riasan malah bisa jadi berantakan. Lipstik bisa digunakan setiap hari, dan terbukti secara ilmiah menambah rasa percaya diri.

Selain lipstik, produk kosmetik yang juga diminati masyarakat Indonesia adalah perawatan kulit, bedak, dan foundation. Sementara eyeshadow adalah produk kecantikan yang paling sedikit peminatnya.

Menurut data Survei Sosial Ekonomi Nasional BPS tentang data pengeluaran per kapita per bulan untuk barang kecantikan tahun 2018 yang diolah Lokadata Beritagar.id, masyarakat di Kepulauan Riau lah yang mengeluarkan bujet paling tinggi. Tepatnya Rp12.272 per kapita per bulan.

DKI Jakarta ada di urutan kedua. Sementara Nusa Tenggara Timur adalah provinsi dengan pengeluaran paling kecil untuk barang kecantikan.

Batam, Kepulauan Riau (Kepri) adalah salah satu jalur masuk kosmetik ilegal ke Indonesia. Dalam periode triwulan pertama 2019, Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kepri mengamankan lebih dari 39 ribu macam kosmetik ilegal di Batam bernilai lebih dari Rp1 miliar.

"Bulan Januari, kami menyita barang bukti senilai Rp150 Juta. Lalu pada Februari kami ungkap lagi dan ketemu kosmetik ilegal senilai Rp200 Juta. Terakhir ini yang besar. Tim berhasil menggagalkan peredaran luas kosmetik mengandung bahan berbahaya senilai Rp800 Juta dari sebuah rumah yang dijadikan gudang penyimpanan," jelas Kepala BPOM Kepri Yosef Dwi Irwan.

Kosmetik ilegal ini tidak hanya dijual di Kepri. "Umumnya mereka memasarkan produk kosmetik tanpa izin edar melalui dunia maya secara masif. Peredarannya malah sampai keluar daerah," tambah Yosef.

Kosmetik ilegal perlu diwaspadai lebih saksama sebagai ancaman. Pasalnya, industri kosmetik sedang subur-suburnya berkembang, termasuk di Indonesia.

Ada tiga kondisi unik yang senantiasa menopang industri kecantikan. Salah satu yang terpenting adalah konsumen yang mayoritas perempuan.

Mereka senang mengeksplorasi produk dan jenama baru. Tak melulu terpaku pada jenama besar 'warisan' orang tua.

Berbekal rasa keingintahuan tinggi, dan informasi dari media sosial dan teman sebaya, perempuan masa kini cenderung lebih terbuka mencoba kosmetik baru.

Let's block ads! (Why?)

https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/lipstik-amunisi-favorit-untuk-jadi-cantik

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lipstik, amunisi favorit untuk jadi cantik - BeritagarID"

Post a Comment

Powered by Blogger.